cover
Contact Name
-
Contact Email
-
Phone
-
Journal Mail Official
arabiyah@uin-alauddin.ac.id
Editorial Address
Jln. H. M. Yasin Limpo No. 36 Romangpolong, Samata, Kabupaten Gowa, Sulawesi Selatan
Location
Kab. gowa,
Sulawesi selatan
INDONESIA
Shaut Al-'Arabiyah
ISSN : 2354564X     EISSN : 25500317     DOI : -
Core Subject : Education,
Jurnal Shaut Al-'Arabiyah published twice a year since 2013 (June and December), is a multilingual (Bahasa, Arabic, and English), peer-reviewed journal, and specializes in Arabic Education, Hadits, and Other Arabic Studies. This journal is published by the Arabic Education Department, Faculty of Education and Teachers Training, Universitas Islam Negeri Alauddin Makassar.
Arjuna Subject : -
Articles 8 Documents
Search results for , issue "Vol 8 No 1 (2020): JURNAL SHAUT AL-'ARABIYAH" : 8 Documents clear
تعليم النحو العربي باستخدام كتاب النحو الواضح وأثره في تحصيل التلاميذ الدراسي في درس النحو Abdul Kodir; Opik Taopik Ibrahim
Shaut al Arabiyyah Vol 8 No 1 (2020): JURNAL SHAUT AL-'ARABIYAH
Publisher : Jurusan Pendidikan Bahasa Arab

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.24252/saa.v8i1.12358

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana hasil belajar siswa pada pelajaran nahwu diantaranya sebelum menggunakan kitab nahwu wadih, setelah menggunakan kitab nahwu wadih dan untuk mengetahuahi pengaruh pembelajaran nahwu dengan menggunakan kitab nahwu wadih terhadap hasil belajar siswa di pondok pesantren Nur As-Saadah di Tasikmalaya. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode eksperimen dengan menggunakan One Shoot Case Study. Adapun langkah-langkahnya adalah observasi, pretest, posttes, wawancara, angket, studi dokumentasi, studi kepustakaan. Nilai-nilai hasil belajar siswa pada pembelajaran nahwu sebelum menggunakan buku nahwu wadih menunjukkan pada derajat “cukup” dengan rata-rata 63,08 karena berada pada interpretasi 60 – 69.  Setelah menggunakan buku nahwu wadih hasilnya menunjukkan pada derajat “bagus” dengan rata-rata 76,8 karena berada pada interpretasi 70-79. Penggunaan buku nahwu wadih pada pembelajaran nahwu berpengaruh terhadap peningkatan  hasil belajar siswa melihat pada nilai yang dihasilkan bahwa z hitung lebih kecil dari z tabel yaitu 11 < 39,3 maka hipotesis alternatif (Ha)  dalam penelitian ini diterima. Adapun nilai pengaruh seperti yang terdapat pada nilai “d” yaitu 33.0 atau 33% artinya terdapat pengaruh pada hasil belajar siswa pada pelajaran nahwu dengan menggunakan buku nahwu wadih dengan derajat pertengahan menurut standar interpretasi .
Al-Ḥurūf Al-Nāsikhah Abudzar Al Qifari
Shaut al Arabiyyah Vol 8 No 1 (2020): JURNAL SHAUT AL-'ARABIYAH
Publisher : Jurusan Pendidikan Bahasa Arab

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.24252/saa.v8i1.14419

Abstract

Inna dan huruf-huruf yang berfungsi serupa dengannnya adalah huruf-huruf yang memasuki fungsi jumlah ismiyah yang terdiri dari mubtada’ dan khabar dan mengubah fungsi keduanya dengan menasab mubtada’ (dalam kondisi ini, mubtada’ dinamakan dengan ism) dan merafa’khabar. Huruf-huruf yang ditasydidkan pada al-ḥurūf al-nāsikhah ada empat, yaitu إنَّ أنَّ كأنّ لكنَّ. Terkadang huruf-huruf ini ditakhfīfkan dengan menghilangkan satu nūnnya. Masing-masing keadaan memiliki kriteria tersendiri atas perubahan dan mengubah hukum guna menasab ism dan merafa’ khabar; إنْ : dapat dilihat pada dua keadaan Jika setelahnya adalah fiil maka gugurlah fungsi huruf ini dan Jika setelahnya adalah Ism, maka kemungkinannya ada dua yaitu tidak berfungsi lagi, dengan menggunakan kata setelahnya lam al-fāriqah.
اختبار المقالي في تقويم التدريس اللغة العربية لمرحلة الثانوية Dasep Bayu Ahyar; Muhammad Mahpudin
Shaut al Arabiyyah Vol 8 No 1 (2020): JURNAL SHAUT AL-'ARABIYAH
Publisher : Jurusan Pendidikan Bahasa Arab

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.24252/saa.v8i1.12086

Abstract

الاختبار هو عملية قياس طالب مراقبة الإنجاز في الانضباط في الفصول الدراسية باستخدام الإختبار. إحدى أدوات (instrument) التقييم في التعلم التي يمكن تطبيقها المدرس على الطلاب هو اختبار المقالي. الاختبار المقاليّ عبارة عن سؤال أو عدّة أسئلة تعطى للمتعلّمين من أجل الإجابة عنها، وهذه الاختبارات صيغ تكاد تكون معروفة في كلّ المواد مثل: اذكر ما تعرفه عن، ناقش المقصود بـ، علّل أسباب حدوث، اشرح، وضّح، بيّن، قارن، أكتب، ولذلك تحتاج هذه الاختبارات إلى متعلّم حسن التعبير، منطقيّ التفكير، يربط الحوادث ربطاً محكماً، ويستخلص منها رأياً، أو يقيم دليلاً، أو يفنّد فرضيّة. سوف تناقش هذه المقالة حول اختبارات المقالي التي تتراوح بين التعاريف والمفاهيم والإجراءات حتى إلى استخدامها.
Efektivitas Quantum Learning Terhadap Peningkatan Motivasi dan Penguasaan Kosa Kata Bahasa Arab Peserta Didik di MTs As'adiyah Banua Baru, Kabupaten Polewali Mandar Munawarah Munawarah
Shaut al Arabiyyah Vol 8 No 1 (2020): JURNAL SHAUT AL-'ARABIYAH
Publisher : Jurusan Pendidikan Bahasa Arab

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.24252/saa.v8i1.12955

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui keterlaksanaan model pemebelajaran Quantum Learning dan untuk mengetahui perbedaan keefektifan antara model pembelajaran Quantum Leaning dengan model pembelajaran selain Quantum Learning, ditinjau dari motivasi belajar dan penguasaan kosa kata bahasa Arab peserta didik di MTs As’adiyah Banua Baru, kabupaten Polewali Mandar. Penelitian ini tergolong kuantitatif dengan jenis quasi eksperimen. Dalam hal ini, peneliti mengumpulkan data dan menyederhanakan data yang terkumpul, menyajikannya secara sistematis, dan menggunakan bantuan aplikasi program SPSS 22 for windows dalam pengolahan data. Pendekatan yang digunakan adalah pendekatan pedagogik dan psikologis. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah angket, tes dan observasi dengan teknik analisis data yang digunakan adalah uji-t sampel bebas (independent sample t-test). Hasil yang diperoleh pada penelitian ini menunjukkan, bahwa model pembelajaran Quantum Learning di MTs As’adiyah Banua Baru, Kabupaten Polewali Mandar berada dalam kategori sangat baik dengan persentase rata-rata pada kelas eksperimen adalah 95,83%. Serta model pembelajaran Quantum Learning dan model pembelajaran selain Quantum Learning efektif, di mana pada motivasi belajar terdapat perbedaan yang signifikan antara penggunaan model pembelajaran Quantum Learning dengan model pembelajaran selain Quantum Learning dengan nilai Asymp. Sig. (2-tailed) lebih kecil dari 0,05 (0,007 < 0,05), dengan kesimpulan H0 ditolak dan Ha diterima. Sedang pada penguasaan kosa kata bahasa Arab peserta didik,  tidak terdapat perbedaan yang signifikan antara penggunaan model pembelajaran Quantum Learning dengan model pembelajaran selain Quantum Learning dengan nilai Sig. (2-tailed) pada Equal variances not assumed lebih besar dari 0,05 (0,267 > 0,05), dengan kesimpulan H0 diterima dan Ha ditolak.
Konsep Pembelajaran Bahasa Arab dengan Pendekatan Komunikatif di Kelas VII SMP Muhammadiyah 1 Depok Rika Lutfiana Utami
Shaut al Arabiyyah Vol 8 No 1 (2020): JURNAL SHAUT AL-'ARABIYAH
Publisher : Jurusan Pendidikan Bahasa Arab

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.24252/saa.v8i1.12270

Abstract

Belajar bahasa merupakan pembelajaran yang tidak mudah, khususnya bahasa asing. Di antara bahasa asing yang dipelajari peserta didik di sekolah adalah bahasa Arab dan di masyarakat khususnya umat Islam bahasa Arab dianggap sebagai bahasa dalam agama. Pembelajaran bahasa Arab di sekolah membutuhkan tujuan, strategi, teknik, metode, dan pendekatan yang sesuai. Dalam penelitian ini mengkaji pendekatan komunikatif yang digunakan dalam pembelajaran bahasa Arab. Tujuan dari pembelajaran bahasa Arab dengan pendekatan komunikatif adalah agar peserta didik lebih aktif dalam belajar bahasa Arab, mampu berkomunikasi dengan menggunakan bahasa Arab yang dipelajari di dalam kelas. Dalam penelitian ini metode yang digunakan adalah penelitian lapangan dengan menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif. Pembelajaran bahasa Arab dengan pendekatan komunikatif juga memperhatikan karakteristik peserta didik yang mana mereka berada pada masa peralihan dari sekolah dasar (SD/MI) ke sekolah menengah (SMP/MTs).
Ice Breaking dalam Pembelajaran Bahasa Arab Aam Amalia
Shaut al Arabiyyah Vol 8 No 1 (2020): JURNAL SHAUT AL-'ARABIYAH
Publisher : Jurusan Pendidikan Bahasa Arab

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.24252/saa.v8i1.11551

Abstract

Selama ini pembelajaran bahasa Arab masih dilakukan secara tradisional dan  konvensional sehingga pembelajaran bersifat monoton  dan membuat siswa bosan untuk belajar bahasa Arab.  Hal ini dapat diubah dengan cara mengimplementasikan ice breaking dalam pembelajaran bahasa Arab agar tidak monoton serta menjadikan pembelajaran bahasa Arab lebih menyegarkan dan menarik siswa untuk lebih menyukai bahasa Arab. Guru dapat melakukan ice breaking sebagai upaya untuk mereview materi pembelajaran yang telah diajarkan sebelumnya. Adapun tujuan ice breaking ini adalah untuk membuat peserta didik lebih konsentrasi dalam belajar serta menumbuhkan minat dan motivasi siswa dalam belajar bahasa Arab. Penelitian tersebut menggunakan metode penelitian pustaka (library research). Dalam artikel ini ditulis beberapa contoh ice breaking serta dijelaskan pula kaitannya dengan keterampilan bahasa (maharah al-lughah). Adapun hasil dari penelitian ini yaitu beberapa bentuk ice breaking yang dapat mengembalikan konsentrasi dan semangat mempelajari bahasa Arab sesuai dengan jenis keterampilan bahasa (maharah al-lughah) yang dituju. Kata Kunci : ice breaking, Pembelajaran bahasa Arab, Motivasi
Metode Eklektik dalam Pembelajaran Bahasa Arab Ahmad Munawwir
Shaut al Arabiyyah Vol 8 No 1 (2020): JURNAL SHAUT AL-'ARABIYAH
Publisher : Jurusan Pendidikan Bahasa Arab

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.24252/saa.v8i1.15030

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji metode Eklektik, bagaimana proses pembelajaran dengan metode tersebut, serta bagaimana kelebihan dan kekurangannya. Jenis penelitian ini ialah library research atau studi kepustakaan, sedangkan teknik pengumpulan data dilakukan dengan menekankan pada kajian teks serta aspek analisa, kemudian mengumpulkan beberapa teks yang berhubungan dengan materi yang dikaji dengan mencari literatur-literatur yang berkaitan, baik itu dari materi penelitian, baik dari buku, jurnal dan artikel lain yang berhubungan dengan materi. Dari hasil penelitian ini dapat dipahami bahwa metode ini lahir sebagai sebuah bentuk usaha penggabungan dari metode yang sudah lahir terdahulu, kemudian metode ini tidak dikembangkan berdasarkan teori linguistik dan psikologi tertentu melainkan berdasarkan asumsi. Metode ini memiliki tujuan yang ingin dicapai yaitu tujuan dari beberapa metode yang dipilih dan digabungkannya, sehingga keterampilan bahasa bisa teramu semua pada metode ini. Metode Eklektik ini di dalam bahasa Arab dinamakan Thariqah Intiqaiyyah, Thariqah Mukhtarah, Thariqah Mudzawijah dan Thariqah Taulifiyah
Metode Dan Strategi Pengajaran Membaca pada Pembelajaran Bahasa Arab Bagi Pemula Sitti Aisyah Chalik
Shaut al Arabiyyah Vol 8 No 1 (2020): JURNAL SHAUT AL-'ARABIYAH
Publisher : Jurusan Pendidikan Bahasa Arab

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.24252/saa.v8i1.15031

Abstract

This paper discusses the methods and strategies of reading in Arabic lessons. As is well known that language skills include four aspects,  namely  speaking skills, writing skills, reading skills, and listening skills. At the beginner level, reading is a basic skill that must be mastered by everyone who wants to    learn Arabic as a foreign language and as is well known that Arabic is a Foreign Language for non-Arabs. Teaching Arabic which is a foreign language requires various methods and strategies appropriate so that learning objectives can be achieved effectively and efficiently.

Page 1 of 1 | Total Record : 8